Masa Kejayaan Kerajaan Kutai

ALUKTAOKY, Hallo sobat Aluktaoky, balik lagi bersama blog pengetahuan terpercaya, pada kesempatan ini kami akan membahas secara rinci mengenai masa Kejayaan Kerajaan Kutai. Seperti yang kita ketahui, Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu pertama dan tertua yang pernah berdiri di tanah Nusantara, tepatnya di Muara Kama, Kalimantan Timur (Hulu Sungai Mahakam). Kerajaan ini pertama kali didirikan oleh seorang raja bernama Kudungga, yang merupakan nama asli dari penduduk pribumi atau penduduk asli Nusantara. Selanjutnya, kepemimpinan kerajaan Kutai kemudian di lanjutkan oleh anaknya bernama Aswawarman, dan mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman yang merupakan anak dari raja kedua yaitu Aswawarman.

Kerajaan ini tidak memiliki banyak informasi. Hanya ada 7 buah prasasti Yupa yang menjadi sumbernya. Dari ke 7 prasasti tersebut yang ditemukan tepat di wilaya Kerajaan Kutai, terdapat salah satu prasasti yang menjelaskan mengenai sila asal mula berdirinya kerajaan kutai dan  puncak kejayaannya. Dijelaskan bahwa pada masa pemerintahan kerajaan Mulawarman, kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya. Wilaya teritorial kekuasaan kerajaan Kutai menjadi luas dan rakyat di bawah kepemimpinan raja Mulawarman mengalami kesejateraan baik dari segi ekonomi dan lain-lain. Bukti lain yang memaparkan mengenai masa kejayaan kerajaan kutai juga di dapatkan dari salah satu prasasti Yupa, yang menyebutkan bahwa Raja Mulawarman telah mengadakan sebuah upacara korban emas dengan jumlah yang cukup banyak. 

Pada masa itu juga, banyak bermunculkan golongan-golongan terdidik, yang menandakan adanya kemajuan pada masa itu. Golonga terdidik itu di percaya berasal dari kaum Kesatria dan kaum Brahmana, yang telah berpergian juah bahkan sampai ke India. Selain itu, golongan terdidik ini juga menjadi pusat persebaran agama Hindu di Nusantara sampai ke Asia Tenggara.

Kerajaan Kutai adalah kerajaan yang mata pencariannya bergulud di bidang petanian dan peternakan.Hal ini dikarenakan selain letaknya yang sedikit jauh dari pusat perdagangan internasional, wilaya tempat berdirinya kerajaan Kutai ini sangatlah subur sehingga mendorong semangat masyarakat dalam kegitan bercocok tanam. Meski demikian, pendapatan yang diterima kerajaan Kutai tidak hanya berasal dari proses pertanian dan peternakan tetapi juga berasal dari perdagangan sebab kerjaan Kutai ini sudah menjalin kerjasama dengan India sejak lama.



0 Response to "Masa Kejayaan Kerajaan Kutai "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel