Pengertian Dan Bagian-Bagian Catur Purusa Artha

ALUKTAOKY -- Setiap agama tentu mengajarkan tujuan hidup manusia, tak terkecuali dengan Agama Hindu, di mana tujuan hidup tersebut di kenal dengan istilah Catur Purushārtha. Catur Purushārtha ini sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, yang mana terdiri dari 3 akar kata yaitu Catur yang artinya empat, Purusa yang artinya jiwa yang hidup atau manusia, dan Artha yang memiliki arti tujuan hidup. Jadi dapat disimpulkan bahwa Catur Purushārtha adalah empat tujuan hidup sebagai manusia. Ke empat tujuan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dharma

Dharma adalah kebenaran abadi, hukum yang mengatur hidup dan segala perbuatan manusia. Ada beberapa perbuatan yang tergolong perbuatan dharma, antara lain:
  • Sila atau Susila, ialah senantiasa berbuat baik, sopan santun terhadap semua mahluk.
  • Yajña, senantiasa melakukan pemujaan, bhakti dan persembahan.
  • Tapa, mengendalikan diri, berpantang pada hal-hal yang dilarang oleh agama.
  • Dhana, melaksanakan dana punia untuk pembangunan tempat suci, dan bagi mereka yang memerlukan (yang layak menerima).
  • Prawija, senantiasa mempelajari, menghayati, dan mengamalkan ajaran Veda.
  • Bhisku, mengamalkan segala ilmu pengetahuan utamanya ilmu pengetahuan kerokha-nian.
  • Yoga, senantiasa menghubungkan diri dengan Sang Hyang Widhi atau pencipta alam semesta.
2.      Artha

Kata “Artha” dalam Catur Purushārtha berarti harta benda berupa kekayaan yang bersifat Duniawi. Artha berarti benda-benda materi sebagai sarana memenuhi kebutuhan duniawi untuk mencapai kesejateraan hidup. Tapi, yang perlu diingat agar jangan sampai diperbudak oleh nafsu keserakahan yang berakibat mengaburkan wiweka (pertimbangan rasional) sehingga tidak mampu membedakan salah atau benar, serta melumpuhkan sendi-sendi kehidupan beragama.

3. Kama

Kama, artinya nafsu atau keinginan yang dapat memberi kepuasan atau kesejateraan hidup. Kama sangat dibutuhkan dalam hidup manusia karena manusia tanpa kama atau keinginan dia tidak bisa berbuat apa-apa. Kama yang didasari Dharma (kebenaran) akan membuahkan kebahagiaan, kenikmatan, dan kedamaian dalam hidup. Tetapi kama yang didasari dengan Adharma (kejahatan/perbuatan tidak baik) akan mengakibatkan penderitaan.

4. Moksa

Moksa adalah tujuan akhir agama hindu, yang mana diantaranya yaitu ketenangan, kebebasan, kelepasan, dan kebahagian spiritual yang kekal abadi (Suka Tan Pawali Duhkha). Moksa adalah tujuan akhir dari kehidupan manusia Hindum yaitu bersatunya Atman dengan Pramatman (Brahman) dalam kebahagian dan kedamaian tertinggi (advaita anandam).

Dalam Manawa Dharmasastra dinyatakan bahwa, jika dalam hidup ini tidak satupun empat tujuan hidup diatas tidak dicapai. Sesunggunya dia sudah mati meskipun masih bernapas.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian dan Bagian-Bagian Catur Purushārtha menurut Hindu Alukta, semoga dengan terbitnya artikel ini diharapkan kita sebagai umat Hindu mampu merapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

0 Response to "Pengertian Dan Bagian-Bagian Catur Purusa Artha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel